Minggu, 01 November 2009

WORLD WIDE WEB

World Wide Web Consortium W3C

Diposting oleh: hariagustomo pada Belajar HTML, tags: World Wide Web Consortium W3C

W3C mengembangkan teknologi (spesifikasi, petunjuk–guide line, software, dan tool) yang dapat mengoperasikan pada platform menapun, membawa web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, commerce, komunikasi, dan perjanjian bersama (collective understanding).

W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, dan telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan web. Dan lihat juga berajar seo, wah gak ada hubungannya ni…tapi kalau buat menambah pengetahuan sich boleh aja hehehe…

W3C kini merupakan badan resmi yang membuat standar web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web, berikut adalah hasil dari W3C:

  • Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML
  • Standar HTML yang terakhir adalah XHTML1.0

CARA KERJA WWW

Cara kerja aplikasi client ini ialah dengan menghubungi server untuk informasi yang dibutuhkan. Kemudian server merespon dengan mengirimkan copian / duplikat informasi yg diminta aplikasi client.

Untuk memastikan kalau pertukaran antara server dengan client berjalan sempurna tanpa menghasilkan kode error HTTP, mereka harus mentaati protokol komunikasi, sekumpulan aturan main yang digunakan 2 aplikasi apabila ingin ngobrol dalam bahasa kode biner. :) Sebagaimana sebuah bahasa, protokol menspesifikasi baik bentuk, tata krama, maupun makna pesan yg dikomunikasikan.

BROWSER WEB

Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, menyajikan, dan sumber-sumber informasi melintasi di World Wide Web. An information resource is identified by a Uniform Resource Identifier (URI) and may be a web page , image, video, or other piece of content. [ 1 ] Hyperlinks present in resources enable users to easily navigate their browsers to related resources. Sebuah sumber informasi yang diidentifikasi oleh sebuah Uniform Resource Identifier (URI) dan mungkin menjadi halaman web, gambar, video, atau potongan lainnya konten. [1] Hyperlinks hadir dalam sumber daya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menavigasi browser mereka ke sumber daya yang terkait.

Sejarah browser web tanggal kembali ke akhir 1980-an, ketika berbagai teknologi meletakkan dasar untuk browser web pertama, WorldWideWeb, oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. That browser brought together a variety of existing and new software and hardware technologies. Browser yang menghimpun berbagai yang ada dan baru teknologi perangkat lunak dan perangkat keras.

ke sumber link yang ditunjukkan oleh URI target, dan proses membawa konten ke pengguna dimulai lagi.

SERVER WEB

Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.

BAGAIMANA BROWSER MENGAMBIL DAN MENAMPILKAN WEB

WWW adalah salah satu layanan di Internet, sehingga dapat dikatakan bahwa WWW berbasiskan server dan client.

Client WWW disebut sebagai web browser atau singkatnya browser dan server WWW disebut sebagai web server atau sering disebut hanya dengan server saja. Aturan komunikasi antara web server dengan browser menggunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Web browser adalah sebuah perangkat lunak / aplikasi yang menerjemahkan dan menampilkan halaman-halaman web dan membantu kita untuk menggunakan halaman-halaman lainnya. Sebelum kita dapat menggunakan web browser untuk menampilkan halaman-halaman web di WWW, kita harus terkoneksi dahulu dengan sebuah Internet Service Provider (ISP) dan mendapatkan hak akses.

Ketika web browser dieksekusi, web browser akan mengambil dan menampilkan sebuah halaman web yang disebut home page. Jadi home page akan selalu ditampilkan pertama kali saat kita memanggil web browser. Terminologi home page juga digunakan untuk menyebut halaman pertama dari sebuah website. Padahal, secara teknis, halaman pertama sebuah website adalah welcome page, yang biasanya berisi daftar isi halaman-halaman web dalam website tersebut.

Browser mengambil dan menampilkan sebuah halaman web berdasarkan URL yang diterimanya.

Server WWW menyimpan seluruh halaman-halaman web sebuah website dan mengirimkannya kepada web browser yang memintanya. Walaupun demikian web server bukanlah file server, karena web server dapat menjalankan program tertentu untuk melakukan sebuah request dari browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar